Berita Terbaru

Sekdis pendidikan kota Bogor Dukung Program Rotasi Guru

KOTA BOGOR-BIDIKNEWS.COM
Untuk mewujudkan pemerataan akses pada layanan dan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia, Mulai dari kurikulum, sebaran guru, sebaran peserta didik, kemudian kualitas sarana dan prasarananya. Semuanya nanti akan ditangani berbasis zonasi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, mengatakan, tujuan utama kebijakan berbasis zonasi adalah untuk pemerataan pendidikan. ”Jadi, PPDB jalur zonasi adalah langkah pertama untuk pemerataan yang berkualitas. Selanjutnya kami segera memulai redistribusi guru dan pemerataan sarana-prasarana secara bertahap.
Ini semua untuk mengatasi isu yang cukup krusial dan sudah lama berlangsung, yakni “kastanisasi” sekolah negeri. Itu bertentangan dengan prinsip keadilan sosial,”.

Pihaknya akan merotasi guru yang akan dimulai tahun ini. Mengenai jumlahnya sedang dalam tahap pematangan. ”Kami akan melihat tingkat disparitas di setiap zona. Mungkin sepertiga dari jumlah guru harus dirotasi, mungkin juga hanya seperempat,” bebernya seperti dilansir website kemendikbud.

Sementara menurut Jana Sugiana Sekdis Pendidikan Kota Bogor melalui pesan singkat nya mengatakan Bagus, supaya guru banyak pengalamannya kalau ada rotasi, karena dengan adanya rotasi guru akan lebih bertambah kompetensinya, pengembangan dirinya dan mengalami mengajar di tempat yg berbeda situasi kondisinya serta bisa memecahkan
permasalahan yg dihadapi oleh berbagai siswa, orangtua dan masyarakat sekitar sekolahnya, jangan sampai seorang guru dari mulai diangkat CPNS sampai Pensiun tidak pernah dipindahkan ke tempat lain.   (Em)

Tidak ada komentar