Berita Terbaru

Siswa Pusdikzi Ikut Pelatihan dan Praktek Teknik Pengolahan Air PDAM

KOTA BOGOR -BIDIKNEWS.COM
Sebanyak 20 siswa Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) Kodiklat TNI AD mengikuti pelatihan dan praktek teknik pengolahan air PDAM Kota Bogor di IPA Dekeng Kel. Genteng Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, kemarin.

Mereka dipandu Asisten Manager Pengolahan 1 PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Rudi Hermawan.

Pimpinan rombongan Kapten Czi Tono Darsono mengatakan, kunjungan ke IPA Dekeng ini merupakan bagian dari rangkaian penyelenggaraan pembukaan Susba Bek Air dan Listrik Tahun Ajaran (TA) 2019 dan rencana operasional pendidikan Susba Bek Air dan Listrik TA 2019.

“Kami mengunjungi salah satu instalasi pengolahan air milik PDAM Kota Bogor. Kami meminjam tempat dan peralatan pada materi pompa air atau pemeliharaan pompa air untuk siswa Susba Bek Air dan Listrik,” kata Kapten Tono di sela-sela kunjungan.

Kapten Tono mengaku kagum dengan peralatan dan sistem yang dikembangan di IPA dengan kapasitas 1800 liter perdetik tersebut. “Saya kagum karena sistem yang dikembangkan oleh sipil sudah sangat maju. Artinya, kami banyak belajar dari PDAM Kota Bogor. Mereka sudah menggunakan PAC untuk pengolahan, mungkin kami bisa menerapkannya di Pusdikzi,” kata pria asal Sumedang itu.

Dia menjelaskan, siswa Susba Bek Air dan Listrik TA 2019 berasal dari seluruh kesatuan Zeni seluruh Indonesia. “Setelah mendapatkan ilmu dari sini, mereka akan dikembalikan ke kesatuan Zeni-nya masing-masing. Kalau Kodam (komando daerah militer) nya membutuhkan, ya bisa saja mereka ditarik ke sana,” papar Tono.

Asisten Manager Humas PDAM Kota Bogor R. Poppi Rustanti mengatakan, PDAM terbuka bagi seluruh pihak untuk belajar cara pengolahan air bersih. “PDAM banyak dikunjungi elemen masyarakat, baik itu siswa sekolah, mahasiswa, PDAM lain dan umum. Harapannya setelah belajar dari PDAM, mereka bisa lebih memahami pengolahan air bersih,” ujar Poppi.  (EM)

Tidak ada komentar