Berita Terbaru

Juniarti Sekdis Dinsos : Kita Ada Perbaikan Data Itu Setahun 2 Kali

Foto : penerima BPNT Tegal Gundil
BOGOR-BIDIKNEWS.COM
Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai  (BPNT), semua yang menerima PKH pasti menerima BPNT, tapi yang menerima BPNT belum tentu menerima PKH, Karena PKH itu adalah bantuan miskin tapi yang bersyarat,

Hal itu, dikatakan Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bogor Rr. Juniarti Estiningsih, SE. MM. dikantornya Jl. Merdeka No.142, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. pada rabu (28/02/2019).

“Sekecil apapun permasalahan di wilayah, terkait dengan bantuan sosial, kita akan segera selesaikan, karena ini amanah,” katanya.

“Sekarang ini kan program bantuan sosial semuanya sudah non tunai.. apalagi sekarang ini semua KPM itu sudah mendapatkan pin masing-masing. Pendamping walaupun pegang kartu kalau tidak tahu pin nya itu tidak akan bisa (mencairkan uang,-red),” katanya

“Setiap kali pencairan (uang,-red) itu ada data track record nya di bank, siapa yang mengambil itu ketahuan,” ujar Juniarti.

Teknis pengumpulan data keluarga miskin, ia menjelaskan, “Sosialisasinya melalui lurah, camat dan RT, RW yang memang nimbrung didalam kegiatan rapat-rapat dikelurahan, nanti ada pendampingan PKHnya ditiap-tiap kelurahan ada,” katanya.

“Dimasyarakat ini, dikelurahan itu ada forum RW.. kelurahan ini.. kan memanggil RW. Sasaran dari penerima program itu sudah ada kriterianya, keluarga miskin yang masuk dalam basis data terpadu (BDT),” terang Juniarti.

Lanjutnya, Untuk mengeluarkan dan untuk memasukan, ada vérifikasi yang dilakukan oleh petugas dari kepanjangan tangan, Dinas Sosial Kota Bogor yang ada dikelurahan

“Tetap melalui RT, RW, untuk memasukan data PDD, itu melalui musyawarah kelurahan (Muskel) yang dihadiri RT, RW setempat, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Oleh kelurahan nanti diketok,” katanya.

“Kita ada perbaikan data itu setahun dua kali. Sekarang ini kita sedang Verivali,” ujarnya.

Setelah validasi ini, kata Juniarti, kita kembalikan ke kementrian sosial lagi, oleh kementrian sosial di upgrade lagi baru turun lagi (ke Kota Bogor) karena itu bantuan pusat.

“Data-data yang ada disini (Dinsos Kota Bogor) itu harus mintanya kesana (Kemensos) bersurat,” terangnya.

Disisi lain, Pemkot Bogor melalui Dinsos menganggarkan dari APBD, dalam merealisasikan bantuan itu,

“Sekarang ini diberikan kewenangan, Baru dapat sekarang, karena baru diberikan anggaran APBD, Nilainya Rp 1milyar,” kata Juniarti.

Pengunaan anggarannya, “Bimtek petugas, dokumen-dokumen, Muskel, kelapangan baru entri data,” pungkas Juniarti.

Sementara itu, Kepala Bidang Perlindungan Sosial Keluarga dan Penanganan Fakir Miskin Dra. Elly Yulia menambahkan, “data itu dari daerah dari BPS, TNP2K yang mengolah”.

“Dan yang sekarang dipakai itu basis data terpadu, hasil pemuktahiran 2015 oleh BPS. Update diperkenankan oleh daerah masing-masing,” kata Elly.

“Alhamdulilah kita tahun ini mengadakan Verval (Vérifikasi dan validasi) BDT 2015 secara keseluruhan. Verval ini datanya sudah ada.. ada 71.000 keluarga miskin akan di Verivali, yang sudah mendapatkan Bansos paling besar 41.000,” terangnya.

Kewenangan, kata dia, bantuan pangan tunai itu baru 2017 di Dinsos Kota Bogor, sebelumnya ada di dinas lain.

Vérifikasi dan validasi akan diumumkan disetiap kelurahan dibulan maret 2019, “Diawali dengan Muskel, basis data terpadu,” kata Elly.

Untuk diketahui, Penyaluran bantuan sosial PKH diberikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang ditetapkan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga. Penyaluran bantuan diberikan empat tahap dalam satu tahun, bantuan PKH diberikan dengan ketentuan sebagai berikut:

Nilai bantuan merujuk Surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor 26/LJS/12/2016 tanggal 27 Desember 2016 tentang Indeks dan Komponen Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Tahun 2017. Komponen bantuan dan indeks bantuan PKH pada tahun 2017, sebagai berikut:

a. Bantuan Sosial PKH Rp. 1.890.000
b. Bantuan Lanjut Usia Rp. 2.000.000
c. Bantuan Penyandang Disabilitas Rp. 2.000.000
d. Bantuan Wilayah Papua dan Papua Barat Rp. 2.000.000

Info selengkapnya silahkan klik http://www.pkh.kemsos.go.id/

Mars Program Keluarga Harapan (PKH) klik Mars PKH
(EM)

Tidak ada komentar