Berita Terbaru

BANTUAN PKH dan BPNT SANGAT BERMANFAAT BAGI MASYARAKAT

Foto :bantuan BPNT
BOGOR-BIDIKNEWS.COM
Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Bogor,
Penangan masalah kemiskinan dilakukan melalui berbagai program dan kegiatan. Pemerintah Kota Bogor sejak satu dekade terakhir telah menjadikan penanganan kemiskinan sebagai salah satu program kerja prioritas.

Sedangkan pemerintah pusat juga terus melancarkan pelaksanaan berbagai program yang bertujuan membantu meringankan beban warga miskin.

Salah satu program yang kini tengah dilancarkan adalah Program Keluarga Harapan (PKH). Program ini merupakan program pemberian bantuan sosial masyarakat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat.

PKH ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga penerima manfaat melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial.

Selain PKH ada juga bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai 110ribu rupiah untuk masyarakat Kota Bogor ditahun 2018 telah terealisasi.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Perlindungan Sosial Keluarga dan Penanganan Fakir Miskin, Kota Bogor, Dra. Elly Yulia dikantornya Jl. Merdeka No.142, Ciwaringin, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. pada rabu (27/02/2019).

“Diakhir 2018, quota, 41.759 KPM, yang terealisasi di Desember (2018), 32.435, yang lainnya (sisanya,-red) kemana..?, memang ada data ganda, ada suami istri penerima BPNT juga penerima PKH, ada juga yang meninggal, ada juga yang tidak diketemukan lagi,” katanya

“Ada 9260 (KPM) itu kartu tidak didistribusikan dengan berbagai alasan, uangnya dikembalikan ke kas negara oleh pihak bank,” terangnya.

penunjukan agen sepenuhnya wewenang Bank penyalur serta pelaksanaan di tahun 2019 masih sama seperti tahun 2018,

“Pencairan bulan januari 2019, 32.425 (KPM). Himbara nya sekarang satu hanya BNI Juanda atas penunjukan dari pusat,” ucapnya.

Untuk penerimaan, menurut dia, kebijakan dari pengelola KPM Dengan suplyer, yang dikelola itu paket. Pelaksanaan Dikelola oleh anggota KPM, 10 orang warga miskin sebagai penerima manfaat yang mengelola.

“Teorinya bisa belanja kapan saja, mungkin hanya kota bogor ya.. yang oleh KPM dikelolanya, dilayaninya.. kalau kami, oleh ibu rumah tangga,” ujarnya.

“Agen ada, tidak banyak di Bogor timur ada lima, bogor tengah ada dua,” terangnya.

Ia menambahkan, itu keinginan dari KPM dan agen yang ditunjuk. Terkait kwalitas beras medium dan premium. mengikuti harga pasar yang berubah-ubah.

Sekedar informasi, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH/pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank HIMBARA.

Lalu, bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM secara tepat sasaran dan tepat waktu. (EM)

Tidak ada komentar