Berita Terbaru

Inovasi Pendidikan Hadirkan Perubahan

KOTA BOGOR-BIDIKNEWS.COM
Pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat. Setiap manusia membutuhkan pendidikan, sampai kapan dan dimanapun ia berada. Pendidikan sangat penting artinya, sebab tanpa pendidikan manusia akan sulit berkembang dan bahkan akan terbelakang. Dengan demikian pendidikan harus betul-betul diarahkan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu bersaing, di samping memiliki budi pekerti yang luhur dan moral yang baik. Masalah pendidikan merupakan masalah yang kompleks karena menyangkut beberapa variabel yang sangat erat kaitannya. Banyak faktor yang menentukan keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan akan senantiasa berubah, berbeda dan bervariasi bergantung pada faktor-faktor yang mempengaruhinya antara lain faktor perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Untuk itu perlu diadakan inovasi pendidikan.

Suatu inovasi akan bermanfaat untuk memecahkan masalah pendidikan jika inovasi tersebut diterima dan diterapkan oleh para tenaga kependidikan dalam mengelola pendidikan. Inovasi pendidikan akan terus menjadi pembahasan yang tidak akan ada habisnya bagi praktisi pendidikan atau orang-orang yang berada dalam dunia pendidikan, karena inovasi merupakan suatu tindakan pembaharuan yang akan terus dilaksanakan selama proses pendidikan masih berlangsung.

Sebagai sebuah sekolah kejuruan favorit yang namanya sudah dikenal masyarakat sekitar dan secara kualitaspun sudah tidak perlu diragukan lagi, bukan berarti pihak sekolah ini puas dengan apa yang sudah dicapainya saat ini. Terbukti, berbagai inovasi dan terobosan-terobosan baru pun terus diupayakan oleh seluruh warga sekolah yang berlokasi di Jalan Heulang Kota Bogor ini.

Uus Sukmara., M.MPd, Plt. Kepala SMKN 1 Kota Bogor menyatakan dukungannya terhadap apa yang dilakukan oleh para anak didiknya, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. “Saya bangga sekaligus memberikan dukungan penuh jika ada siswa-siswi kami yang kreatif dan selalu berinovasi. Karena memang sudah menjadi tuntutan juga, jika sebagai sebuah sekolah kejuruan dengan beberapa bidang keahlian, kami seolah harus selalu mengembangkan karya nyata dan mampu memberikan atau mengarahkan lapangan pekerjaan bagi para lulusan kami, tidak kalah dengan lulusan dari sekolah umum atau bahkan dari perguruan tinggi,” urainya kepada wartawan.

Sementara Kepala Humas SMKN 1 Kota Bogor, Nani Maryani merasa ikut senang dengan kreativitas yang selalu ditunjukkan para anak didik. “Tentunya kami sebagai pengajar dan pendidik, tak henti-hentinya akan membimbing dan mengarahkan anak-anak untuk menjadi lebih maju dan lebih terampil. Apalagi jika mereka mengimbangi dengan prestasi-prestasi yang gemilang dalam bidang akademik, ini akan lebih baik lagi. Karena di sekolah kami memang sedari awal, selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga ketika lulus kelak, mereka sudah siap kerja atau sudah berani apabila ingin membuka usaha sendiri,” harap Nani. (EM)

Tidak ada komentar