Berita Terbaru

SMKN 1 KOTA BOGOR TERUS TINGKATKAN POTENSI DALAM KREATIVITASNYA

KOTA BOGOR -BIDIKNEWS.COM
Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah anorganik yang sulit terurai. Hal ini menyebabkan sampah plastik menjadi masalah lingkungan yang serius. Sampah plastik yang langsung dibuang tanpa didaur ulang dapat menyebabkan beragam permasalahan lingkungan seperti menyababkan kerusakan tanah karena sampah tidak terurai dan menutupi permukaan tanah, menyebabkan pendangkalan dan menyumbat aliran air sungai, serta mencemari perairan laut. Adanya daur ulang maupun pemanfaatan sampah plastik menjadi produk yang dapat dimanfaatkan kembali sangat penting dilakukan.

Adalah para siswa SMK Negeri 1 Kota Bogor berhasil mendaur ulang sampah plastik bekas makanan ringan menjadi aksesori kain taplak meja. Bukan itusaja, mereka juga membuat tas,wadah pensil, bross pin dan masih banyak lagi.

”Semuanya berasal dari bahan dasar sampah plastik yang masih layak dan bisa didaur ulang yang dibawa siswa dari rumah,”ujar Wakil Kepala SMKN 1 Bidang Humas, Nani Maryani, kemarin. Hasil karya dari limbah tersebut, sambung Nani, siswa SMKN 1 mampu meraih juara 1 tingkat nasional di Jakarta pada November lalu. Bahkan, pernah ikut lomba di kampus IPB dan mampu meraih juara 1 terkait pemanfaatan limbah kering yang disulap menjadi pemanis ruangan.

Menurut dia, tujuan semua itu adalah bagaimana cara siswa terus meningkatkan potensi dari berbagai kreativitasnya yang inovatif. Sehingga siswa sibuk melakukan kegiatan positif.

”Di samping itu agar siswa berpikir bagaimana menciptakan lapangan kerja dan bukannya di mana nanti kami bekerja saat lulus kelak,” jelasnya.Nani berharap SMK Negeri 1Kota Bogor mampu melestarikan kebersihan lingkungan, keindahan lingkungan dan mampu memanfaatkan bahan bekas (sampah)  menjadi bermanfaat serta mampu menciptakan lapangan kerja melalui hasil karya yang gemilang. (EM)

Tidak ada komentar