Berita Terbaru

Bansus, 'Penghangat' Kota Bogor

KOTA BOGOR -BIDIKNEWS.COM 
Dinginnya malam di Kota Bogor membuat perut minta diisi dengan minuman dan makanan yang hangat. Di tengah dingin malam, segelas bandrek susu hangat ditambah dengan ketan bakar cocok untuk mengganjal perut yang mulai keroncongan.

Satu minuman yang paling khas di kawasan Pandu Raya adalah bandrek susu (bansus). Bisa dikatakan belum pas dan puas jika ke tempat itu tanpa meneguk minuman penghangat yang dikenal sebagai bansus Pandu Raya.

"Hendra  Dermawan calon DPRD dapil Bogor utara dari partai Bulan bintang saat minum bansus pandu raya bersama masyarakat tegal gundil mengatakan kepada media,bansus ini selain Dari namanya sudah terbayang ini minuman nikmat, Susu dicampur dengan bandrek yang merupakan minuman tradisional berbahan utama jahe.

"minuman ini kaya rempah yang enak diminum panas ini dapat menghangatkan tubuh di saat cuaca dingin,susu bandrek ini juga berefek memberi semangat karena tubuh menjadi hangat,"paparnya

Tahadi sebagai penjual bandrek susu dan ketan bakar mengatakan bandrek ini masih satu keluarga dengan bajigur. Hal yang membedakan adalah bahan dasarnya. Bandrek berupa campuran minuman yang terbuat dari sari jahe dan rempah-rempah sehingga beraroma pedas dan hangat. Biasanya disajikan selagi panas. Penambahan susu pada bandrek menjadikan rasa pedas bandrek sedikit berkurang, diganti dengan gurihnya susu. Namun ada juga yang lebih suka ditambah es batu sehingga jadilah bansus dingin.

Berhubung bentuknya warung tenda, dengan tempat duduk seadanya,  maka kalau pengunjung sedang ramai, mereka harus rela antre untuk mendapat giliran. Harus siap untuk duduk berdesak-desakan pula.(EM)

Tidak ada komentar