Berita Terbaru

Usai Geledah Kantor PD Pasar, Penyidik Kejaksaan Bogor Bawa Dokumen

BOGOR – BIDIKNEWS.COM
Penyidik tindak pidana khusus (pidsus) Kejaksaan Negeri (Kejari) Bogor menggeledah dua lokasi Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) Kota Bogor, Kamis (23/8) siang.

Lokasi pertama, penggeledahan dilakukan di kantor PD PPJ di Jalan Sukasari. Kedua, di gudang berkas Pasar Bogor.

Usai penggeledahan, penyidik membawa dokumen yang berada di salah satu ruangan kantor tersebut. Namun, belum diketahui dokumen apa yang dibawa penyidik Korps Adiyaksa itu.

“Beberapa dokumen sudah diamankan tinggal dilakukan kajian untuk penelitian lebih lanjut,” kata Kepala Seksi Intelejen Kejari Kota Bogor Widiyanto Nugroho.

Adapun penggeledahan berlangsung sekitar dua jam. Sejumlah penyidik kejaksaan dibantu aparat kepolisian melakukan penggeledahan di ruang kerja BUMD Kota Bogor itu.

Saat ini, Kejari Bogor tengah menangani kasus dugaan korupsi penggunaan anggaran PD PPJ untuk deposito di Bank Muamalat dan asuransi dana pensiun di BRIngin Life tahun 2015.

Kasus tersebut sudah dinaikan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan pada Selasa 21 Agustus 2018.

Menurut Widiyanto, penggeledahan ini merupakan bagian daripada pro justita untuk menentukan ke arah mana proses tindakan penyidik.

“Hasilnya akan segera diperoleh tersangka serta barang bukti untuk diajukan ke persidangan”.

Sementara terkait kerugian negara, kata dia, akan dipaparkan setelah dilakukan perhitungan. Sebab, penyidik yang menangani perkara ini tidak bisa berasumsi melainkan harus melalui kajian ilmiah sehingga menghasilkan perhitungan yang tepat.

Sedangkan menyangkut penggeledahan di kediaman Direktur Umum PD PPJ, berkaitan dengan peristiwa pidananya.

“Nanti kita lihat apakah ada rangkaian ke sana sesuai petunjuk-petunjuk serta keterangan saksi-saksi yang kami peroleh,” imbuhnya.

Dalam tahap penyelidikan, pihak penyidik telah meminta keterangan sebanyak 24 saksi. Untuk modus operandinya, baru bisa dipaparkan semuanya setelah penetapan tersangka dan pelimpahan berkas ke pengadilan.(EM)

Tidak ada komentar