Berita Terbaru

SMKN 1 KOTA BOGOR : RAIH KEBERKAHAN DARI BERQURBAN

KOTA BOGOR-BIDIKNEWS.COM
Sejumlah ratusan siswa smkn 1 bogor belajar diluar kelas dalam rangka praktek pembelajaran tata cara penyembelihan sampai pemotongan daging hewan qurban, kamis 23/8.

Sejak pukul 06.30 ratusan siswa kelas 8 menyaksikan penyembelihan 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang dilakukan oleh pembina rohis rta jajarannya, sementara untuk mengikis kulit juga mencincang dilaksanakan oleh siswa.

Puluhan siswa-siswi terbagi dari beberapa bagian ada yang bagian mencincang ada juga yang bagian menguliti dan hewan qurban hasil dari partisipasi siswa, para guru dan orang tua murid, Demikian pemaparan Dede Waka Kesiswaan SMKN 1 Kota Bogor kepada bidiknews.com

Ini berawal kisah seorang anak tercintanya dengan orang tua kandung yakni Nabi Ismail (anak) dan Nabi Ibrahim (bapak) telah ihklas dan rela atas ujian langsung dari Allah SWT namun dibalik hikmah itu adalah untuk mempertebal keimanan dan siap untuk berkorban.

Sahabat Ali ra mengatakan : “Barangsiapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan qurban, maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkannnya 10 keburukan, serta dinaikan 10 derajat.”

“Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

Sementara daging qurban itu akan disalurkan kewilayah yang dekat dengan sekolah yaitu wilayah dadali dan sekitarnya.

Dede berharap dengan adanya kegiatan tersebut siswa akan lebih meningkatkan rasa sosial yang tinggi sesuai dengan tema "berkah berbagi sedekah dan kasih sayang melalui berqurban". Jelasnya. (EM)








Tidak ada komentar