Berita Terbaru

PENTINGNYA PENDATAAN BANGUNAN DAN PENDUDUK SERTA PELAKSANAAN PEMASANGAN NOMOR RUMAH DENGAN PENYERTAAN QR CODE SYSTEM DI RT. 02/06 BANTARJATI – BOGOR UTARA – KOTA BOGOR

Pepi T. Riadi – Ketua Konsorsium Peduli Bogor
KOTA BOGOR –BIDIKNEWS.COM
Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, serta dalam rangka peningkatan layanan terhadap masyarakat, kami Konsorsium Peduli Bogor bersama Pengurus RT dan masyarakat RT 02/06 mencoba untuk berinovasi dalam pencatatan bangunan dan identifikasi kependudukan. Hal ini sejalan dengan berkembangnya jumlah penduduk di Kota Bogor dan mengantisipasi dampak negatif yang tidak diharapkan, khususnya di wilayah RT02/06 yang mendukung tercapainya "Bogor Smart City". Khususnya di wilayah Rukun Tetangga yang merupakan unsur wilayah terkecil, beragamnya penduduk baik warga asli, pengontrak dan usaha, tentu perlu dilakukan pendataan yang intens, pencatatan perlu dilakukan dengan baik untuk memudahkan identifikasi, pengurusan surat yang berhubungan dengan berbagai instansi/lembaga, kemudahan bagi jasa pengiriman barang, serta lebih jauhnya untuk penanggulangan tindak kejahatan.

Data kependudukan adalah segala informasi yang terkait dengan penduduk, dengan didatanya penduduk baru di suatu wilayah, tentunya akan membawa keamanan tersendiri bagi masyarakat luas. Dengan pendataan tersebut warga yang tinggal di suatu wilayah dapat teridentifikasi dengan benar, lebih selektif dan dan menjadi aktifitas rutin dalam melakukan pendataan penduduk, termasuk bagi pendatang yang telah berdomisili di salah satu kelurahan atau kecamatan di Kota Bogor.

Dalam hal ini, tidak hanya pihak pemerintah saja yang harus berupaya maksimal. Namun, ketua RT atau RW setempat juga harus rajin mendata warganya karena banyak masyarakat yang pindah atau pun datang dengan urusan yang berbeda-beda. Dengan pencatatan tersebut, secara tidak langsung akan mengenali baik atau tidaknya warga yang tinggal di wilayahnya itu. Kerjasama antar instansi perlu dikuatkan, ini demi keamanan dan kenyamanan bersama. Pendataan penduduk ini untuk mempermudah Pengurus RT maupun RW dalam mengetahui Jumlah Kepala Keluarga, Jumlah Jiwa, Jumlah Pengontrak, Jumlah Penduduk Tetap dan jumlah  Pembayaran PBB di wilayahnya.

Pelaksanaan yang dilakukan Konsorsium Peduli Bogor di Rt. 02/06 Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara yang keberadaanya merupakan perumahan tidak teratur, selain mendata penduduk, juga melakukan pendataan bangunan dan penambahan QR Code data penduduk. Dalam melakukan pendataan dan perapihan nomor bangunan, klasifikasi bangunan dibuat tiga jenis yakni Penduduk Asli/Pendatang yang memiliki bangunan (warna Hijau), Warga Pengontrak yang berdomisili (warna Biru), dan Pengontak/Bangunan tanpa jiwa yang berdomisili/tinggal (warna Merah), serta turunan nomor bangunan yang memudahkan dalam mengindentifikasi jumlah KK di wilayah, misalnya No. 3 (induk), ada 3A, 3B (turunan), dsb sesuai dengan jumlah KK yang ada di satu bangunan/rumah tersebut.

Selain itu terdapat pula pendataan warga pemilik usaha dengan pemberian plang usaha, dan penaman jalan/gang, peta wilayah yang sebelumnya belum pernah ada. Proses lanjutan dan perjalanan panjang dari hasil musyawarah dengan masyarakat dan sesepuh di RT. 02/06, kami juga mencoba untuk mengajak dan sekaligus mensosialisasikan serta memberikan laporan kepada Sekretaris Daerah Kota Bogor, Camat Bogor Utara, Lurah Bantarjati, Ketua RW 06, dan Ketua Rt. 02, sehingga kegiatan ini diketahui para pihak, baik masyarakat ataupun pemerintah Kota Bogor.

Evaluasi model ini tentu perlu dilakukan oleh semua stake holder yang terkait mengenai keefektifan dan manfaatnya. Apabila terdapat banyak kekurangan bisa dilakukan revisi yang sangat menyeluruh serta penyertaan pengunaan eskripsi dalam pengamanan SIN (Single Identity Number), dan apabila ini bisa memberikan nilai lebih dalam mendukung program Smart City yang telah di gaungkan Pemerintah Kota Bogor, tentu bisa dilakukan dan diadopsi di wilayah lainnya di Kota Bogor.

Dengan mengucapkan Alhamdulillahi Robbil `Alamin, kami Pengurus KPB bersama Masyarakat RT. 02/06 telah melaksanakan kegiatan tersebut bertepatan pada hari Kemerdekaan RI yang ke 73, Hari Jum’at 17 Agustus 2018 hingga 18 Agustus 2018.  Proses pelaksanaannya merujuk pada kesepakan antar Konsorsium Peduli Bogor, Camat Bogor Utara, Lurah Bantarjati, Ketua LPM Bantarjati dan Ketua Rt. 02/06, untuk menjadikan wilayah Rt. 02/06 sebagai Pilot Project pelaksanaan QR Code Kependudukan, yang di wujudkan dalam pendataan penduduk dan bangunan di wilayah Rt. 02/06 Bantarjati, Bogor Utara Kota Bogor. Mudah-mudahan hal ini bisa menambah manfaat bagi kami dan masyarakat RT. 02/06 Bantarjati, Bogor Utara dan seluruh warga Bogor pada umumnya.
Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.




Tidak ada komentar