Berita Terbaru

Layanan Membaik di Bojong Menteng, Ketua RW: Terima Kasih

BOGOR -BIDIKNEWS.COM
Pasokan air bersih PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor di wilayah Kp. Bojong Menteng Kelurahan Pasir Kuda Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor membaik setelah koneksi pipa di wilayah tersebut pekan ini.
Sejak awal Agustus lalu, PDAM melaksanakan koneksi pipa PVC 2 inchi di Jalan Bojong Baru dekat Masjid Nurul Hidayah ke pipa dinas yang mengarah ke RW 6 Pasir Kuda sepanjang 24 meter.
Sekretaris Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Pakuan Kota Bogor Teguh Setiadi menjelaskan, koneksi pipa ini merupakan respon PDAM atas keluhan gangguan pelayanan di wilayah sekitar Pasir Kuda.

"Saat sosialisasi di RW 6 Bojong Menteng Jumat lalu, kami sampaikan juga bahwa PDAM akan memperbaiki sistem pengaliran dengan koneksi pipa, dari daerah arah depan (Jalan Bojong Baru) ke arah RW 6 Bojong Menteng. Alhamdulillah sudah terealisasi," ujar Teguh.

Peningkatan layanan ini terlihat dari Data Lodger yang dipasang pipa distribusi RT 5 RW 6. Hasil catatan Data Lodger pada tanggal 4, 5, 7, dan 8 Aguatus menunjukkan sebelum koneksi tekanan di daerah itu sebesar 0,5 bar. Setelah koneksi, meningkat jadi 1,5 bar.
Ketua RW 6 Pasir Kuda Endi Hadi menyampaikan apresiasi atas respons cepat PDAM menindaklanjuti keluhan pelanggan.

"Alhamdulillah dari laporan warga, air di rumahnya sudah mulai bagus. Kami atas nama warga dan pengurus RW mengucapkan terima kasih kepada PDAM. Mudah-mudahan pelayanannya lebih baik lagi," kata Endi.

Sebelumnya disampaikan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengadakan sosialisasi pelayanan air bersih di kawasan RT2 RW 6 Kelurahan Pasir Kuda Kota Bogor, Jumat (3/8/2018). Kegiatan ini merupakan respons atas laporan gangguan pengaliran yang terjadi di wilayah tersebut sejak beberapa waktu terakhir.

Manajer Humas dan Pelayanan Pelanggan Jamalis mengatakan, gangguan di wilayah RW 6 Bojongmenteng terjadi karena debit air baku dari Sumber Mata Air Kota Batu yang sudah tidak seimbang dengan jumlah pelanggan di daerah tersebut.
“Wilayah RW 6 Bojong Menteng masuk zona layanan VI PDAM Kota Bogor. Seperti halnya beberapa wilayah di (Kecamatan) Bogor Selatan, seperti Gang Emad, Cikaret, Kampung Jawa dan lain-lain, kondisi pengalirannya belum 24 jam. Ini karena jumlah debit air yang diproduksi sudah tidak seimbang dengan jumlah pelanggan di zona ini,” kata Jamalis.

Makanya sejak 2015 lalu, PDAM belum dapat memenuhi permohonan pemasangan baru untuk calon pelanggan di zona 6. “Untuk menjaga keseimbangan pasokan air, kami mohon maaf untuk sementara kami belum dapat memenuhi permohonan pasang baru khusus untuk calon pelanggan di zona VI,” ujar mantan Kepala Bagian Perencanaan dan Pelayanan Teknik PDAM Kota Bogor itu.
Manajer NRW dan Transmisi Distribusi PDAM Kota Bogor Dani Rakhmawan menambahkan, untuk meningkatkan pelayanan di zona 6, khususnya RW 06 Pasirkuda, PDAM akan membangun reservoir kapasitas 2 x 1.500 meter kubik di daerah Jabaru.

“Kami akan memasang pompa di intake Cipaku kapasitas 300 liter perdetik yang air olahannya disuplai ke Reservoir Jabaru. Mudah-mudahan bisa menambah tekanan ke wilayah RW 6,” kata Dani.(EM)



Tidak ada komentar