Berita Terbaru

Prekwensi kuker ke bapenda kota bogor meningkat

KOTA BOGOR -BIDIKNEWS.COM
Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor mendapat kunjungan dari berbagai daerah,  untuk berdiskusi mengenai pengelolaan pajak didaerahnya masing-masing karena ada juga yang dapat digali dari mereka dan itu hal yang positif. maka “Dengan tangan terbuka kami akan menyambut rekan – rekan yang berkunjung ke Kota Bogor”, demikian disampaikan Plt.Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bogor, Rd. An ‘An Andri Hikmat, SR,AP,MM.

Rd. An ‘An Andri Hikmat, SR,AP,MM  memaparkan, sudah hampir dua pekan ini Bapenda Kota Bogor mendapat kunjungan dari berbagai daerah, untuk berdiskusi serta mempelajari mengenai pengelolaan pajak daerah, seperti hari kamis yang lalu (2/8) Bapenda Kota Bogor kedatangan dari Team Program Internship Pejabat Pemerintah Daerah Dirjen Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan Republik Indonesia, dalam kegiatan Study Lapangan Pembelajaran (Study Visit)

Dalam kunjungannya Suryatno sebagai Ketua Team menyatakan kalau Bapenda Kota Bogor telah berhasil melakukan transformasi dan reformasi pengelolaan Pajak Daerah di Kota Bogor sehingga bisa dijadikan contoh oleh Bapenda dari Pemerintah Daerah lain di Indonesia.

Kunjungan selanjutnya datang dari rombongan DPRD Kabupaten Batang Hari dan Bapenda Kota Pontianak untuk berdiskusi mengenai optimalisasi PAD di Kota Bogor, diterima di ruang rapat lantai 4 Bapenda Kota Bogor, pada hari jumat tanggal 3 Agustus 2018.

Dalam diskusi tersebut, beberapa Anggota Dewan mempertanyakan perihal proses pengelolaan Pajak Bapenda Kota Bogor sementara Bapenda Pontianak lebih menyoroti perencanaan pengembangan aplikasi pelaporan dan pembayaran online yang telah diberlakukan di Bapenda Kota Bogor.

Berkenaan hal tersebut Plt. Bapenda Kota Bogor Rd.An An Andri Hikmat, SR, AP, MM yang ditemani oleh Kepala Bidang Pendataan dan Pelayanan serta Kepala Bidang Penetapan dan Pengolahan Data sempat memaparkan profil Bapenda Kota Bogor dan lebih mendalam menuturkan proses bisnis aplikasi pengelolaan berkas pelayanan (Aplikasi Arcloc). Aplikasi ini memudahkan semua pegawai Bapenda Kota Bogor yang tupoksinya berkaitan dengan berkas pelayanan untuk memonitor berjalannya berkas dari berkas masuk hingga berkas sampai ke tangan wajib pajak, sehingga memimalisir adanya berkas yang terlambat. Paparnya.

Kemudian dihari selasa tanggal 7 Agustus 2018, Bapenda Kota Bogor dikunjungi Bapenda Kabupaten Mimika-Papua yang diselenggarakan di Aula Bapenda Kota Bogor dan ini beda dari biasanya karena kuker ini dipimpin langsung Kepala Badan Drs.Dwi Cholifah, M.Si beserta 17 Karyawan Bapenda dan 4 Orang Komisi B DPRD Kabupaten Mimika didampingi secara khusus oleh Pejabat Kementerian Dalam Negeri, Drs.Bambang.

Dalam keterangannya Drs.Dwi Cholifah, M.Si, menyatakan kalau kunjungan ini tujuannya untuk melihat kemajuan pengeloaan PAD Kota Bogor dan aplikasi online yang telah diterapkan oleh Bapenda Kota Bogor.

Dalam kesempatan yang sama, Pejabat Kementerian Dalam Negeri, Drs.Bambang juga menyatakan ini suatu kesempatan yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menggali informasi yang nantinya akan dibawa ke Kabupaten Mimika.

Sementara untuk meningkatkan pengelolaan pajak dan retribusinya, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan mengirimkan Pejabatnya berkunjung ke Bapenda Kota Bogor, Pada hari Rabu pada tanggal 8 Agustus 2018.

Tim yang dipimpin oleh Kepala Bidang Pembukuan dan Pelaporan beranggotakan 3 orang kepala sub bidang dan diterima oleh Kepala Bidang Pendataan dan Pelayanan, Drs.Bambang Suhermawan dan dihadiri juga oleh Kasubid Pendataan Pajak Daerah Lainnya dan Kasubid Penetapan dan Verifikasi.

Dalam diskusi yang tidak terlalu formal, Sarman, SE,MM , selaku ketua rombongan mengaku tertarik dan meminta rekomendasi karena akan diterapkan di Musi Rawas.

Terlepas hal tersebut, Plt. Bapenda Kota Bogor Rd.An An Andri Hikmat, SR, AP, MM, mengatakan ada 2 alasan kenapa Bapenda Kota Bogor dijadikan pilot project pengelolaan pajak dan di rekomendasikan untuk dikunjungi oleh Bapenda Se-Indonesia, sebab Bapenda Kota Bogor berhasil meningkatkan PAD nya dari tahun ke tahun. Selain itu, pengelolaan pajak yang telah online dan pencapaian presentasi PAD dengan APBD yang telah mencapai lebih dari 40% juga menjadi dasar bagi Predikat tersebut. Hal itulah yang menjadi Frekwensi kunjungan kerja ke Bapenda Kota Bogor meningkat. Imbuhnya.

Terakhir Plt. Bapenda Kota Bogor Rd.An An Andri Hikmat, SR, AP, MM, mengingatkan untuk tetap melakukan kreatifitas dan inovasi dalam pekerjaannya. “Jangan sampai kita terlena dengan kondisi saat ini, bisa jadi mereka yang mengunjungi ke kita malah lebih maju kedepannya dari kita.” Tambahnya. (Em)

Tidak ada komentar