Berita Terbaru

Jaga Kualitas Pelayanan, IPA dan Reservoir Palasari Dikuras

BOGOR – BIDIKNEWS.COM
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor melaksanakan pengurasan dan pembersihan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Palasari, Rabu pagi (25/4/2018). Kegiatan ini merupakan upaya PDAM untuk menjaga kualitas pelayanan air minum bagi pelanggan di wilayah zona V.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana melalui Kepala Bagian Produksi Adi Gunadi mengatakan, kegiatan ini ini juga merupakan bagian dari perawatan infrastruktur menjelang bulan suci Ramadhan.
“Sejatinya, pembersihan IPA dan Reservoir Palasari ini merupakan penanganan dari gangguan pengaliran di wilayah Pamoyanan dan Rangga Mekar pada pertengahan April lalu. Kita melihat gangguan pelayanan itu akibat penyumbatan pada pipa drain dan pasir filter di IPA Palasari. Jadi sekalian kita bersihkan semua, termasuk reservoirnya,” kata Adi.
Adapun pengerjaan yang dilakukan antara lain pengurasan dan pembersihan lumpur sumur intake, pembersihan dam intake, perbaikan pintu air dam, pengurasan dan pembersihan ruang lumpur sedimentasi serta pengurasan dan pembersihan lumpur clear well. Rangkaian kegiatan dimulai pada pukul 08.00 dan berakhir jam 11.00.
Meski pengerjaan perawatan dilaksanakan Rabu, tahapan persiapan sudah dilaksanakan sejak Selasa pagi. Bahkan operator IPA Palasari sudah mengoptimalkan produksi air bersih untuk mengisi penuh Reservoir Nagrog pada Selasa malam hingga Rabu dinihari.

“Pengerjaan pembersihan itu kan mengharuskan IPA Palasari stop produksi. Jadi Reservoir Nagrog kita full-kan dulu. Jadi saat produksi distop, air ke pelanggan masih bisa ngalir. Sementara dua unit armada tangki siaga penuh di kawasan IPA,” ujar mantan Kepala Bagian Transmisi dan Distribusi PDAM Kota Bogor itu.
Adi pun memastikan pengerjaan sudah sesuai dengan yang diharapkan.
Kepala Sub Bagian Humas dan Sosial PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor R. Poppi Rustanti menambahkan, pihak sudah melakukan sosialisasi pengerjaan ini sejak jauh-jauh hari. Informasi saluran disampaikan melalui media cetak, elektronik, online, media sosial hingga mendatangi langsung ke daerah terdampak gangguan.
“Alhamdulillah tidak ada laporan gangguan yang signifikan, baik yang melalui media sosial maupun Call Center. Semua berkat kerjasama dan kordinasi yang efektif di internal kami. Di sisi lain, kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih petugas-petugas di lapangan yang pekerja sangat cekatan, sehingga pengerjaan pembersihan IPA Palasari dapat selesai sesuai rencana,” ujar Poppi. (EM)

Tidak ada komentar