Berita Terbaru

Panglima Hadi Tjahjanto: Pemilihan KSAU Baru Masih dalam Prose

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersiap menandatangani berita acara saat upacara pelantikan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, 

JAKARTA – BIDIKNEWS.COM
Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, belum memutuskan siapa yang akan dirotasi untuk mengisi sejumlah jabatan di TNI yang masih kosong, salah satunya posisi Kepala Staf Angkatan Udara. Hal ini dikatakan oleh Hadi setelah melakukan pertemuan dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes TNI, Cilangkap.

Sebelumnya, posisi KSAU dipimpin oleh Hadi sendiri, ketika ia dilantik pada Sabtu lalu (9/12) kemarin, posisi itu pun menjadi kosong. Hingga hari ini, Hadi belum bisa menentukan siapa yang akan menjadi penggantinya.

"Masih dalam proses," kata Hadi pada Senin (11/12/2017).

Hari ini, Hadi juga diketahui berkunjung ke Istana Bogor untuk menemui Presiden Jokowi. Meski begitu, ia menampik bahwa pertemuan tersebut bermaksud untuk membicarakan penunjukan KSAU yang baru. Hadi menegaskan bahwa pertemuan itu adalah laporan biasa yang dilakukan apabila bawahan akan melaksanakan tugas negara.

"Hari ini adalah hari pertama saya melaksanakan kerja, saya sudah melaporkan. Wajar kan kalau saya juga melaporkan izin pengarahan pada panglima tertinggi supaya apa yang saya lakukan juga sinkron," tandasnya.

Ketika ditanyakan soal apa saja hal-hal yang dibicarakan dengan panglima tertinggi negara tersebut, Hadi kembali menyampaikan bahwa tidak ada pembicaraan spesifik terkait dengan pergantian jabatan di badan TNI.

"Hari ini saya melaksanakan tugas, ya izin doa restu," tegasnya.

Sebelumnya, Hadi menuturkan bahwa ada tiga calon yang sudah disiapkan untuk pengganti posisi tersebut. Keputusan tersebut nantinya akan diserahkan kepada Presiden untuk memilih.

Tiga nama tersebut adalah Wakil Kasau Marsekal Madya Yuyu Sutisna, Kepala Badan SAR Nasional Marsda M Syaugi, dan Wakil Gubernur Lemhannas Marsekal Madya Bagus Puruhito. Hadi berjanji pergantian tersebut akan diselesaikan secepatnya.

Selain nama KSAU, Hadi belum merinci posisi mana lagi yang akan dirotasi ataupun diganti. Ditanya oleh awak media terkait posisi mana lagi yang akan diganti selain KSAU, Hadi tidak menjawab, ia mengatakan bahwa waktunya sudah habis untuk tanya jawab. "Sudah dulu ya," tandasnya.


Sebagai catatan, Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo melakukan pergantian 85 personil TNI sebelum Hadi dicalonkan sebagai penggantinya. Sampai saat ini, Hadi belum mengajukan penilaian posisi pejabat TNI mana saja yang dianggap sudah cocok ataupun yang harus dirotasi di masa kepemimpinannya.(r-d)

Tidak ada komentar