Berita Terbaru

Warga Lebak Banten Diminta Waspada Tanah Longsor


LEBAK BANTEN-BIDIKNEWS.COM
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, meminta warga mewaspadai ancaman bencana tanah longsor. Sebab, wilayah Lebak sudah memasuki musim hujan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak Kaprawi mengatakan, sudah ada empat rumah di Desa Cimandiri, Panggarangan, rusak berat terkena bencana longsor pada Rabu 11 Oktober 2017. Beruntung bencana itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Tanah longsor, kata dia, juga mengancam warga di 17 kecamatan lainnya. Curah hujan yang meningkat, serta lokasinya yang berada di perbukitan dan pegunungan amat berpotensi terkena bencana longsor.

17 kecamatan yang mesti waspada yakni Lebak Gedong, Cibeber, Cipanas, Muncang, Cirinten Gunungkencana, Panggarangan, dan Sobang. Warga di Kecamatan Cilograng, Bayah, Muncang, Cibadak, Bojongmanik, Cimarga, Rangkasbitung, Leuwidamar, dan Cihara juga diimbau selalu waspada.

"Kami minta warga yang tinggal di daerah rawan longsor dapat meningkatkan waspada saat hujan berlangsung," kata Kaprawi

Kaprawi menyatakan, pihaknya kini berkoordinasi dengan TNI, Polri, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Kesehatan, kecamatan, serta relawan dan desa untuk mengatasi longsor itu. Petugas gabungan juga menyiapkan peralatan evakuasi dan logistik guna menyelamatkan masyarakat jika bencana alam datang tiba-tiba.

Penanganan Pascabencana alam juga harus bergerak cepat untuk guna mencegah terjadinya banyak korban jiwa. "Kami mengoptimalkan kesiapsiagaan dengan memberlakukan piket selama 24 jam
yang melibatkan relawan dan petugas BPBD," ujarnya.(EM)


Tidak ada komentar