Berita Terbaru

TAHUN 2018, KABUPATEN ENDE AKAN MELAKSANAKAN PESTA DEMOKRASI.



ENDE BIDIKNEWS.COM
Pencalonan pemimpin daerah serta pemilihannya oleh rakyat dilakukan dalam sebuah “pesta” yang disebut PILKADA, sehingga pilkada sering disebut sebagai pesta demokrasi. Dalam pesta demokrasi tersebut para calon pemimpin daerah berlomba-lomba menarik simpati dan pilihan rakyat melalui kampanye yang menjadi ajang penilaian rakyat untuk menjatuhkan pilihan pada para calon pemimpin daerah yang muncul.

Hal ini disampaikan oleh Ketua KPUD Kabupaten Ende, Florentinus Hani Wadhi, SH pada kegiatan Peluncuran Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ende Tahun 2018 di Lapangan Pancasila, Sabtu (30/9).
Kabupaten Ende, lanjut Budi Wadhi, merupakan salah satu dari 171 daerah di Indonesia yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah serentak pada tahun 2018. Pemilihan kepala daerah adalah salah satu perwujudan pelaksanaan demokrasi yang pada prinsipnya dilaksanakan sebagai sarana partisipasi masyarakat untuk memilih pemimpinnya.
Ditambahkan pula, pilkada sebagai sarana untuk melakukan penggantian pemimpin secara konstitusional, sarana bagi pemimpin politik untuk memperoleh legitimasi serta merupakan wahana utama untuk melaksanakan demokrasi.
Budi Wadhi menambahkan, KPUD Kabupaten Ende, sebagai lembaga yang mempunyai otoritas untuk menyelenggarakan pilkada tentunya telah mengerahkan seluruh potensi yang ada untuk bisa menyelenggarakan pilkada Kabupaten Ende secara baik dan benar, dengan berpedoman pada asas penyelenggaraan pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.
Di akhir sambutannya, Ketua KPUD Kabupaten Ende menyampaikan limpah terima kasih kepada semua pihak yang terlibat aktif untuk menyukseskan jalannya kegiatan ini dan mengharapkan agar seluruh komponen dapat bergandeng tangan, bersatu padu, bahu membahu, mengkawal jalannya penyelenggaraan pilkada sehingga dapat berjalan dengan benar, penuh integritas, mulai dari penyelenggara yang berintegritas, peserta yang berintegritas, pemilih yang berintegritas serta proses yang berintegritas tentu akan memperoleh hasil yang berintegritas pula yang berlandaskan pada pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Pada kesempatan itu, dilakukan peluncuran tahapan, program dan jadwal sekaligus memperkenalkan jargon, maskot serta mars pilkada Ende tahun 2018 yang menandakan dimulainya pesta demokrasi di kabupaten Ende tercinta.(I-tm))

Tidak ada komentar