Berita Terbaru

Science Film Festival 2016 di Sekolah Madania





BOGOR (BIDIK NEWS) Sekolah Madania merupakan salah satu mitra lokal penyelenggara Science Film Festival 2016 di kota Bogor. Di Sekolah Madania diadakan pada tanggal 2223 November 2016, dihadiri oleh hamper 1000 siswa yang terdiri dari siswa SD, SMP dan SMA Madania, juga mengundang siswa dari luar Sekolah Madania yang berada di area Bogor.
Pagi ini acara dibuka oleh Kepala Sekolah SMP-SMA (Secondary School Principal) Ibu Siti Hidayati menyampaikan tujuan diadakannya Science Film Festival di  Sekolah Madania dan dilanjutkan oleh Ibu Ekadewi Indrawidjaya (Coordinator Pasch Project dari Goethe Institut), menyampaikan bahwa tahun 2016 ini Science Film Festival yang sudah dilaksanakan ke-7 kalinya di Indonesia, mengangkat tema “Material Science” atau bahan-bahan sains. Tema ini diangkat karena betapa pentingnya Material Science dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan disetiap kehidupan kita tidak ada satu pun sisi yang luput dari keterlibatan material science. Acara dilanjutkan dengan pemutaran film, eksperimen dan kuis yang dipandu oleh para volounter dari penyelenggara Science Festival yaitu Goethe Institut.
Setiap tahun Goethe Institut menyelenggarakan event Science Film Festival yang diadakan secara serentak di beberapa negara, antara lain: Kamboja, Mesir, Laos, Malaysia, Myanmar, Palestina, Filipina, Sudan, Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam.  Festival ini bertujuan untuk menyediakan hiburan dengan kandungan yang bermutu bagi anak-anak.  Melalui pendekatan ini Science Film Festival menggabungkan pendidikan dan hiburan dengan sangat efektif untuk menunjukkan bahwa mempelajari sains adalah hal yang sangat menyenangkan. 

Science FIlm Festival (SFF), diprakarsai oleh Goethe-Institut (Pusat Kebudayaan Jerman) yang keseluruhan rangkaiannya diadakan di Sekolah Mitra lainnya yang tersebar dari Aceh sampai Mataram, juga merupakan  bentuk perhelatan komunikasi sains dan menduduki posisi yang unik di Asia Tenggara, Afrika Utara dan Timur Tengah. Festival ini menggalakkan minat atas sains, juga memfasilitasi kesadaran akan isu-isu ilmiah-kontemporer, teknologi dan lingkungan melalui media film dan televisi. Festival ini mempersembahkan film-film yang menjelaskan isu ilmiah dengan mudah dan menghibur ke pemirsa yang jauh lebih luas.
Film-film pilihan festival ini membuktikan bahwa sains dapat dikomunikasikan dengan cara yang mendidik sekaligus menghibur melalui media audio-visual..
Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Science Film Festival 2018 di Sekolah Madania terdiri dari:
1.       Pemutaran film
Pada festival ini telah terpilih 13 film sains dan teknologi yang akan ditayangkan yaitu:
1)      I got it! – oil
2)      Annedroids: Reduce, Reuse, Robocycle
3)      Gone with time
4)      Messy goes to Okido
5)      Nine-and-a-Half: Spinning a Web – Fascinating on eight legs
6)      The show with the mouse -  How does a helicopter fly?
7)      Nature Wonder land – Underwater Prizefighters: Peacock Mantis Shrimp, Indonesia
8)      Paramusical Ensemble
9)      X:enius – Grilling – The oldest human cooking method
10)   X:enius -  Infrastructure – Self-healing Tarmac
11)   Einstein 100
12)   Mosquitos: A story of attraction
13)   Star staff

2.       Eksperimen
Eksperimen yang akan dilakukan antara lain:
1)      Sedotan transporter
2)      Pingpong meloncat
3)      Simpai melayang
4)      Koin antigravitasi
5)      Gelas Perkasa
6)      Balon antiapi
7)      Puntung tertake
8)      Menggelinding tanpa menyentuh
9)      Robot penyelam
10)   Pemadam api
3.       Quiz
Kegiatan kuis dimaksudkan untuk memperkuat pemahaman siswa mengenai berbagai informasi dan ilmu yang telah didapatkan baik dari kegiatan pemutaran film maupun kegiatan eksperimen.

Senangnya kami bisa berbagi ilmu dan simple ekperimen yang mudah diaplikasikan dengan memanfaatkan materi-materi sekitar yang mudah diperoleh.(BN-02)

Tidak ada komentar