Berita Terbaru

Festival Tanjung Lesung Jadi Event Nasional

Festival Bahari Tanjung Lesung akan menjadi kalender event nasional, sehingga bisa menarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang ditargetkan bisa menembus 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019. Namun, kemajuan sektor pariwisata membutuhkan partisipasi dari semua sektor, terutama pembangunan jalan. Plt Gubernur Banten, Nata Irawan mengatakan, Festival Tanjung Lesung merupakan hajat Provinsi Banten yang sudah menjadi kalender event Pemprov Banten. Namun, dia berharap Festival Bahari Tanjung Lesung tidak hanya hajat di Provinsi Banten. Akan tetapi, akan menjadi kalender event nasional. Perayaan ini merupakan kedua kalinya, dan bertepatan dengan HUT ke-16 Banten. Ini sungguh memberikan kesan yang mendalam untuk promosi wisata di Banten," kata Nata Irawan saat memberikan sambutan, pada acara Festival Bahari Tanjung Lesung di Beach Club, Sabtu (19/11/2016). Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat Banten umumnya dan Kabupaten Pandeglang khususnya, harus mempunyai komitmen kerja untuk mengembalikan kejayaan Banten di masa silam dan menghasilkan karya terbaik untuk masa yang akan datang.

Sementara Deputi Bidang Promosi Pariwisata pada Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti mengapresiasi kegiatan tersebut. "Kami akan bantu untuk promosi pariwisata di Pandeglang, karena semua pihak harus berpartisipasi dari mulai eksekutif dan legislatif," ujar Deputi Bidang Promosi Pariwisata pada Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti. Dia mengatakan, perjalanannya dari Jakarta sampai Tanjung Lesung menghabiskan waktu hingga lima jam. Untuk wilayah yang dekat dengan ibu kota negara, menurut dia, sangat lama sekali. "Jangan sampai kemacetan ini mengendurkan minat wisatawan untuk datang ke Pandeglang. Untuk itu harus dengan segera dilakukan percepatan pembangunan infrastruktur penunjang KEK," ucapnya.
Bupati Pandeglang, Irna Narulita berterima kasih kepada pemerintah pusat dan Provinsi Banten yang telah mencanangkan Kabupaten Pandeglang menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Untuk itu, dia mengharapkan bantuan pusat maupun provinsi untuk memfasilitasi kemajuan sektor pariwisata, terutama dalam pembangunan akses infrastruktur. "Pandeglang sangat banyak sekali memiliki potensi wisata, salah satunya Tanjung Lesung. Untuk itu, kami mohon sinergitas dari pihak pusat, provinsi dengan kabupaten untuk mengembangkan potensi tersebut," ucapnya. Ketika KEK Tanjung Lesung berjalan, Irna berharap SDM Pandeglang yang saat ini bekerja di luar bisa kembali ke Kabupaten Pandeglang. Sehingga, bisa bersama-sama ikut serta membangun daerahnya. "Kami sangat butuh SDM Pandeglang yang berkompeten dan profesional untuk menunjang terwujudnya pengembangan sektor wisata yang baik. Agar orang Pandeglang tidak menjadi jadi tamu di rumah sendiri," ujarnya. Dalam acara itu hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, Forkopimda Pandeglang, Plt Sekda Pandeglang Fery Hasanudin, dan seluruh Kepala SKPD.(RED)

Tidak ada komentar