Berita Terbaru

Batu Kuwung

Objek Wisata Pemandian Air Panas Batu Kuwung terletak di kaki Gunung Karang, tepatnya di Desa Batu Kuwung, Padarincang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Arahnya 35 kilometer ke selatan dari Kota Serang. Suhu air panas di sana berkisar antara 70-80 derajat celcius. Air panas di sana mengandung yodium dan kalsium, namun tidak mengandung sulfur. Pemandian air panas tersebut merupakan pemandian pertama yang terdapat di daerah Banten.
Dilansir triptus.com, objek wisata tersebut disebut sebagai Batu Kuwung, sebab air panas yang dihasilkan bersumber dari sebuah batu kuwung (cekung). Konon, batu tersebut dahulu kala dipakai sebagai tempat seorang saudagar jahat yang bertapa untuk menghilangkan sifat jahat dan kutukan yang diberikan pada dia. Kutukan tersebut, adalah kelumpuhan kaki, yang menurut cerita, kaki saudagar tersebut sembuh setelah selesai bertapa dan berendam dalam kolam yang menghasilkan air panas di atas batu tempat dia bertapa.
Pemandian Air Panas Batu Kuwung memiliki 2 kolam air dingin yang cukup besar dan sebuah kolam air panas untuk berendam. Di sana pengunjung dapat berenang atau sekadar duduk-duduk dan berendam di kolam. Tempat tersebut sering dikunjungi wisatawan, karena air panas yang dihasilkan di Pemandian Batu Kuwung dipercaya dapat digunakan sebagai sarana pengobatan atau terapi. Air di sana juga dipercaya dapat mengobati penyakit tulang dan kulit. Selain dapat merasakan hangatnya air panas di pemandian tersebut, pengunjung juga dapat menikmati hawa pegunungan yang sejuk dan panorama alam yang asri. (RED)***

Tidak ada komentar